Pages

Monday, May 9, 2011

Saya Ingin Kuliah

Assalaamu'alaikum Wr. Wb,..
Apakabar semua? Semoga selalu dalam keadaan baik pastinya. Amin...

Hari sabtu kemarin, saya mendapat surat pemberitahuan dari Sekolah, awalnya saya kira itu surat tilang...he..he...
Jeng..jreng..jreng... eh, ternyata pas dibuka isinya surat pemberitahuan pemberian Beasiswa untuk melanjutkan ke kuliah;
"Aaneh banget, kok bisa ya saya dapet beasiswa,...aneh, hmm..benar-benar aneh, ada apa sebenarnya dengan dunia ini...hmmmm...".

Beasiswa ini diberikan kepada siswa-siswi yang berprestasi;
"Wah...pamer nih ceritanya...???"... :p
Ngga, bukan pamer cuy, tapi cuma ngasih tau aja, yang namanya beasiswa itu pasti di berikan kepada siswa-siswi yang berprestai, kalau ngga yang kurang mampu. Iyakan...??
"Jangan si jojon suudzon dulu makannya....heuuuhhh...".

Sorry..sorry, jadi emosi gini...he..he..
Oke, lanjuuuuuttt....

Dalam surat itu diberitahukan bahwa orang tua saya diminta untuk hadir mengikuti rapat beasiswa ini disekolah pada hari senin. Jujur saja, saya seneng dapet beasiswa ini, tapi, disisi lain saya juga merasa sedih. Sempat saya teringat Kakak perempuan saya dulu waktu perpisahan SMP, dia jadi juara umum disekolahnya. Dapet kado dari sekolah, kalau ngga salah isinya seragam putih-abu, untuk SMA. Tapi, apa... kakak saya gagal melanjutkan pendidikannya hanya karena satu masalah, "BIAYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA.....". Waktu itu ekonomi keluarga saya lagi kritis-kritisnya. Sebenarnya, saya juga sempat kesal sama Bapak, kenapa Bapak tidak mau mengusahakan supaya kakak saya bisa terus melanjutkan pendidikannya. Kakak itu cerdas. Mungkin jika saat itu kakak saya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sekarang ini saya yakin, dia pasti udah megang gelar Sarjana, jadi orang sukses, bukan malah jadi seperti sekarang ini.....

Dari semua ingatan itu, saya jadi kepikiran juga tentang nasib saya.
"Ya..Allah, saya mendapat beasiswa disekolah, tapi... entah mengapa saya rasa itu semua percuma. Tunggakan sekolah saja masih numpuk. Meskipun mendapat beasiswa, tetap saja untuk melanjutkan ke kuliah itu tidak GRATIS, masih tetep harus bayar ini itu. Apa nasib saya bakal sama kaya kakak saya, ya...Allah...? Saya ngga mau kalau harus seperti itu. Saya ini anak lelaki, yang suatu saat bakal menjadi tulang punggung keluarga. saya pokoknya harus kuliah....harus kuliaaaaaaaaaaahhhhh...".

Pikiran dan hati saya campur aduk sekali, emosi dan frustasi sepertinya terus mengekang pikiran. Rasanya seperti menjadi orang yang paling sial di dunia ini. Astagfirullah......

Saya takut sekali, takut mengecewakan orang-orang yang selama ini udah banyak berkorban untuk pendidikan dan hidup saya, khususnya kedua orang tua saya. Saya takut mengecewakan mereka...saya takuttt...


Sekitar pukul 10 pagi tadi, Bapak saya datang kesekolah untuk memenuhi undangan rapat beasiswa itu. Setelah selesai, Bapak saya nanya dengan nada yang halus;
"Mau kuliah mau kerja, De...".

Saya sedih sekali saat Bapak saya bertanya seperti itu. Bertanyanya bukan dengan perasaan yang bahagia. Mungkin ada perasaan bahagia, tapi, saya lebih melihat beban yang begitu besar dalam diri Bapak. Semua itu bisa saya lihat dari cara Bapak bicara dan tatap matanya.

"Biar nanti aja dirumah omonginnya, Pak...". Saya cuma bisa ngejawab seperti itu, ngga tau harus ngejawab apalagi saya...

Saya ingin sekali kuliah, saya ingin bisa mengangkat derajat keluarga. Saya ngga mau hidup seperti ini terus. Bukannya saya tidak mensyukuri apa yang telah Allah berikan, Astagfirullah, kufur saya kalau begitu (Na'udzubillah...), tapi saya hanya ingin memperbaiki nasib. Saya ngga mau kalau seandainya saya berkeluarga nanti, anak-istri saya mengalami hidup seperti saya sekarang ini. Saya ingin mereka bahagia. Saya ingin kedua orang tua saya bisa duduk santai dihari tuanya, tanpa harus terus banting tulang membiayai anaknya yang tak tau masa depannya ini.

Astagfirullah.....
Maafkan saya, Pak, Bu.... Maaf... Maafff... ;(

20 comments:

alamendah said...

(Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
Tetap semangat. Raih bintang tertinggi meskipun dengan peluh yang bercucuran

aming said...

izin nyempil ke duaxx....

salam

NgeBook said...

@ alamendah : monggo, pertamaxxx... ^_
@ aming : jadi inget sma aming artis itu,..he..he.. monggo, keduxxx... ^_

hanynizah said...

tulisan sang bagus,,.:-)

TUKANG CoLoNG said...

semoga kamu nantinya menemukan jalan terang ya.. kuliah ga kuliah ada plus minusnya.. :)

iam said...

Hoalaah sama banget sob kayak gue. Pengen kuliah tapi biaya tak ada >.<

Multibrand said...

Selamat atas beasiswa yang anda terima.

joe said...

selamat atas beasiswanya dan semoga sukses dengan kuliahnya ya

selfishyayun said...

kuliah sambil kerja, banyak orang yang melakukannya bersama-sama dan aku yakin kamu juga bisa
aku sendiri ga pernah merasakan kuliah, sama aja masalah biaya dan saat itu saya belum dewasa... pikiran masih jauh dari dewasa

alkatro said...

sebenarnya kuliah bukanlah jalan utama menuju kesuksesan sobat,
kalo dapet beasiswa berarti sobat is very qualified human..
jadi nyoba aja cari kerja part time + kuliah jalan terus :)
semangaad :D

B.S.U. said...

iya bener tuh gan

Visit Indonesia said...

waw cita cita yang bagus

ivonie said...

|Tetap semangat mengejar mimpi untuk kuliah.
|Saya juga ingin kuliah belum kesampaian :)

rezaprama said...

yah yang semangat mas,, pasti ada jalan untuk emas,,

mungkin jalan terbaik itu akan diberikan pada mas di suatu waktu nanti,,

salam kenal mas, saya dari ponorogo,,

sekedar ngingetin saya follower ke 4 anda,, hehe,, :p

Zippy said...

Yang semangat bro :)
Tapi emang bener sih, walaupun dapat beasiswa, tapi ujung2nya tetep aja bayar ini itu.
Tapi setidaknya ada keringanan dari beasiswa itu.
Jadi, tetap semangat :)

Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah said...

moga cita2nya tercapai gan :-)

r10 said...

keep istiqomah, insya allah akan keluar jalan terbaik dari Allah

choirunnangim said...

Semoga succes mewarnai hidup kita...

Firaun NgebLoG said...

tetap semangat gan...
semua cita2 pasti ada jalannya :D

tan said...

semangat, pasti bisa,,XD

Post a Comment